WARTAWAN KANTOR BERITA ONLINE KABAR65NEWS.COM DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK DILENGKAPI DENGAN KARTU PERS RESMI DAN NAMANYA TERDAFTAR DIBOX REDAKSI

Kabar65News

Menembus Peradaban

Mempelajari Rute Kapal Dagang Tempo Doeloe, Yuk Peleser ke Melate, dan Pulau Tempoyak

BENUA KAYONG – Melate merupakan salah satu wilayah di Desa Suakabaru Kecamatan Benua Kayong, Ketapang, Kalbar. Dulu daerah ini merupakan desa Ketapang Kuno yang merupakan tempat berlabuhnya kapal kapal saudagar yang datang ke Ketapang.

Melate sendiri merupakan asal kata dari Haji Melate seorang saudagar Bugis yang bermukim didaerah ini. Sebelum nya sampai tahun 70 an kapal dagang asal luar pulau akan berlayar ke Ketapang melaui  “Kuala Pendek” . Karena sedimentasi pasir, dari pedalaman Ketapang, maka kawasan ini menjadi dangkal. Sehingga  kapal kapal dagang  berlayar melalui Kuala Panjang sekarang dengan Pelabuhan Sukabangun nya.

Pemandangan yang ada di daerah ini cukup indah, lahan pematang berpasir di pinggir sungai “Kuala Pendek” . Kawasan yang masih asri ini cocok untuk ekotourisme, kawasan mangrove di hutan Pulau Tempoyak, menjadi atraksi menarik. Apalagi di kawasan ini ada burung Bangau Egreta yang mendiami pulau ini.

Kemudian dengan menggunakan perahu atau sampan mesin kato kita dapat berselancar ke Sungai Mak Dagang, Sungai Mak Gambar dan Sungai Brunai Alim.

Tak ketinggalan mempelajari rute kapal dagang tempo doeleo untuk menuju Kota Ketapang. Melate ini juga menjadi tempat pendaratan ikan nelayan kecil, bila anda ingin udang segar, gelame, selangat dan geronggong datang saja dan peleser ke Melate.***(Yudo Sudarto/K65News).

_______

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS SEIZIN REDAKSI. HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”

_____

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *