Kabar65News

Menembus Peradaban

Demam Ubi Kayu Landa Sejumlah Petani di Ketapang

KETAPANG – Demam bertanam ubi kayu kini melanda para petani di Desa Sungai Awan dan Sukamaju, berdirinya pabrik milik PT BSM di Desa Sungai Awan, Kecamatan Muara Pawan, Ketapang, Kalbar, berdampak banyaknya lahan tidur di kedua desa itu dimanfaatkan petani untuk bertanam ubi kayu.

Matjuni (59) petani Desa Sungai Awan mengaku tertarik menanam ubi kayu, karena dijanjikan ada pembelinya. Selama ini mereka memang sudah terbiasa menanam tanaman berumbi ini, hanya menjualnya terbatas ke pasar meski harganya cukup mahal, tetapi tak bisa membeli dalam jumlah banyak.

Pendapat senada juga disampaikan Sanudin, salah seorang petani di Desa Sukamaju Kecamatan Muara Pawan, bahwa tanaman ubi kayu cukup mudah pemeliharaannya, hasilnya juga cukup tinggi 10-20 ton per hektar, bahkan bisa lebih bila pemeliharaannya baik.

Sanudin juga memanfaatkan lahan tidur yang banyak didesanya. Untuk bibit, mereka mendatangkan dari Kecamatan Simpang Hulu yang sudah terlebih dahulu bertanam ubi kayu ini. ***(Yudo Sudarto/K65News).

_______

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS SEIZIN REDAKSI. HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”

_____

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *