WARTAWAN KANTOR BERITA ONLINE KABAR65NEWS.COM DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK DILENGKAPI DENGAN KARTU PERS RESMI DAN NAMANYA TERDAFTAR DIBOX REDAKSI

Kabar65News

Menembus Peradaban

Permintaan Meningkat, Pelaku Industri Mebel di Ketapang Sulit Cari Bahan Baku Kayu Belian

KETAPANG – Ironis memang, Kabupaten Ketapang, Kalimantan Barat, merupakan daerah penghasil kayu dan hutan terbesar tetapi industri mebelnya justru kekurangan bahan baku kayu.

Bahan baku menjadi salah satu permasalahan industri mebel dan hal ini dikeluhkan Harun (45) pengrajin mebel asal Desa Sukabaru, Kecamatan Benua Kayong, kepada media ini beberapa waktu lalu.

Kayu yang masih sangat kurang dan sulit dicari adalah jenis belian (kayu besi-red), kayu keras asal Kalimantan. Kalau untuk tiang atau tongkat bikin rumah masih banyak, tetapi jenis papan sulit dicari.

“Padahal banyak warga pembeli menginginkan pintu dan jendela dari kayu belian, karena itu biasanya kita menolak atau mengalihkan dengan jenis kayu lokal lainnya”,aku Harun.

Kondisi ini sangat memprihatinkan saat daya beli masyarakat rendah. disatu sisi permintaan jenis kayu ini untuk kebutuhan khusus konsumen juga cendrung meningkat, karena hasil mebel dari kayu belian dianggap antik dan kuat.***(Yudo Sudarto/K65News).

Gambar : Harun (45) pengrajin mebel asal Desa Sukabaru, Kecamatan, Benua Kayong, Ketapang, Kalbar.***(Ist).

_______

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS SEIZIN REDAKSI  HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”

_____

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *