WARTAWAN KANTOR BERITA ONLINE KABAR65NEWS.COM DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK DILENGKAPI DENGAN KARTU PERS RESMI DAN NAMANYA TERDAFTAR DIBOX REDAKSI

Kabar65News

Menembus Peradaban

Bakamla RI Bagikan Life Jacket di Bangka Tengah, Ini Kabarnya

BANGKA BELITUNG – Sejumlah life jacket dibagikan Bakamla RI kepada puluhan nelayan setempat pada acara Sosisalisasi Keselamatan Laut dan Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia bagi nelayan, di Kab. Bangka Tengah, Prov. Bangka Belitung, Rabu (8/11/2017).

Penyerahan life jacket dilakukan secara simbolis oleh Kasubdit Kerja sama Dalam Negeri Kolonel Kav. M. Irawadi, S.E. selaku Ketua rombongan Bakamla RI kepada Ketua Nelayan Mina Lestari di Balai Desa Kurau Barat Kec. Koba. Terhitung 86 nelayan menghadiri acara yang digelar oleh Direktorat Kerja sama Bakamla RI tersebut.

Menurut Kolonel Irawadi, alat pendukung keselamatan tersebut diberikan kepada nelayan setempat sebagai wujud kepedulian Bakamla RI terhadap keselamatan para nelayan yang menggantungkan mata pencahariannya di laut.  Lokasi tersebut dipilih karena masyarakatnya sebagian besar merupakan nelayan tradisional, dan tinggal di desa pesisir tepi pantai. Menurutnya, masyarakat setempat perlu menyadari akan potensi laut NKRI untuk meningkatkan kesejahteraannya, sehingga perlu di edukasi tentang pentingnya  mengelola laut serta menjaga keberlangsungannya hingga anak cucu nanti, disamping juga harus menjaga keselamatan diri saat mencari nafkah ditengah laut.

Sebagai bentuk edukasi, sebelum pembagian life jacket dilakukan penyuluhan beberapa materi terkait dengan menghadirkan beberapa nara sumber yang kompeten dibidangnya, yaitu Dosen Politeknik Ilmu Pelayaran Semarang F. Pambudi Widiatmaka, S.T., M.T. yang hadir untuk membekali peserta tentang “Fire Fighting at Sea”. Selain itu para peserta juga diberikan penyuluhan tentang keselamatan di laut yang disosialisasikan oleh anggota Unit Reaksi Cepat Laut (URCL) Bakamla RI Safe’i. Hadir pula pakar pencarian dan pertolongan (SAR/Search and Rescue) Nus Sunadi untuk berbagi ilmu melalui pelatihan dasar SAR.

Dalam kegiatan tersebut, Ketua Dinas Kelautan Bangka Tengah  Dedy Muchdyat diwakili Kasi Penguatan Daya Saing dan Peningkatan Nilai Tambah Produk Perikanan PSDKP Atika Anggraini. Acara dihadiri pula oleh perwakilan beberapa instansi antara lain Polair Bangka Tengah, Basarnas, dan PSDKP. Sementara itu turut serta dalam rombongan Bakamla RI yaitu Kasi Kerjasama Non Pemerintah Ariana Listyawati, S.Pd., Kasi Kerjasama Lembaga Pemerintah Akhmad Firdaus, S.IP., M.Si., Kasie Potensi Keselamatan Laut Tri Rah Astuti, S.E. dan Kepala Stasiun Bumi Babel Bakamla RI Ibnu Mufid Inung, S.T.***(SP/K65News).

Gambar : Documen Puspen TNI untuk Kabar65News

_______

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS SEIZIN REDAKSI. HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”

_______

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *