WARTAWAN KANTOR BERITA ONLINE KABAR65NEWS.COM DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK DILENGKAPI DENGAN KARTU PERS RESMI DAN NAMANYA TERDAFTAR DIBOX REDAKSI

Kabar65News

Menembus Peradaban

Organisasi

Oleh: Chandra Kirana, Ketua Umum Seknas KPPJustitia dan Mahasiswa Semester 4 Fakultas Hukum Universitas Djuanda-Bogor

KITA sering dengar dan bahkan sangat Familiar ditelinga kita kata tentang Organisasi,Tapi banyak yang tidak mengerti apa itu organisi,Jadi apa sih Organisasi itu??

Organisasi ialah merupakan salah satu perkumpulan orang-orang yang telah di bentuk dalam sebuah kelompok yang mana kelompok atau organisasi ini bertugas untuk saling bekerjasama demi mencapai keberhasilan dan tujuan bersama.

Arti dari kata organisasi ini adalah bentuk pembagian kerja antar sekelompok orang yang melakukan kerja sama dengan cara tertentu untuk mencapau tujuan dan cita-cita secara bersama-sama.

Menurut Ahli dibidang Organisasi Mr. Chester J. bernard maka pengertian organasisasi ini ialah merupakan pekerjaan yang dilakukan dengan secara bersama dengan dua orang atu lebih dari dua orang, dalam sebuah komposisi atau bentuk aktivitas-aktivitas atau energi pada setiap orang yang telah di kordinasikan.

Fungsi Suatu Organisasi harus dalam konteks Koordinasi yang memiliki Sistem yang diatur dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga,Memiliki Visi Misi yang sejalan dengan Anggaran Dasar dan Rumah Tangga,serta yang tidak bertentangan dengan Norma Ideologi Negara,Agama,Adat,Susila dan Norma Hukum.

Dalam Berorganisasi sangat dibutuhkan Kesadaran bersama dalam saling menghargai perbedaan pendapat antar pengurus,dan anggota,serta menjadikan pendapat yang berbeda dalam satu rumusan kesimpulan sebagai Solusi menampung aspirasi.

Organisasi Memiliki aturan-aturan yang Flesibel untuk dilaksanakan tanpa harus bertentangan dengan Anggaran Dasar dan Rumah Tangga,melalui komunikasi internal pelaksana Teknis.

Memiliki Struktur Dalam berbagi kewenangan melalui Koordinasi Yang Harmonis dalam setiap tingkatan Fungsi Tugas dan jabatan,dan Tidak berjalan sendiri-sendiri tanpa adanya Koordinasi.

Kebijakan Organisasi adalah keputusan yang menjadi kesepakatan Bersama,Bukan keputusan karena keinginan seseorang.

Organisasi ialah merupakan salah satu tempat yang mana tempat itu terdapat orang-orang yang bisa diajak untuk bekerja sama dalam menggapai sebuah tujuan yang sudah diterapkan dengan melibatkan keahlian dibidang masing-masing struktur kewenangan dan bidang jabatan.

Karena keahlian dalam bidang jabatan Organisasi sangat penting diterapkan guna menghindari keputusan,kebijakan dan kewenangan yang tumpah tindi yang akan melahirkan Konflik kepentingan yang tidak seharusnya.

Karena banyak Orang yang berorganisasi tidak mampu memahami Fungsi Tugas,kewenangan pada jabat yang melekat didalam dirinya,akhir terjadi Tumpang Tindih kebijakan dan kewenangan yang kemudian lahir Konflik kepentingan yang disebabkan ketidak pahaman dalam melaksanakan fungsi jabatannya.

Masih banyak kita melihat orang-orang yang idealis dengan cara berfikirnya sendiri dan Cenderung tidak dewasa serta belum bisa menyaring setiap informasi yang didapatkan. Padahal kalau dilihat dari pengertian organisasi sudah jelas mereka harusnya punya tujuan yang sama.

Organisasi mengajarkan kita untuk menganalisa semua kejadian yang kita alami itulah pentingnya organisasi selain menambah teman dan pengalaman kita diajarkan untuk teliti dan kritis untuk menilai sesuatu agar tidak terjadi salah tafsir.

Organisasi tidak hanya mengajarkan kita untuk kritis setiap saat,Juga untuk menambah jaringan dalam berinteraksi Sosial,Berbisnis dan lain-sebagainya.

Dengan Berorganisasi kita dapat belajar Tentang suatu management dan suatu pola kepemimpinan dan Leadership yang baik didalam masyarakat.

Tujuan Organisasi:

Setiap Organisasi Memiliki target dan Tujuan sesuai Asas,Anggaran Dasar dan Rumah Tangga,serta Visi Misi organisasi,

1.Tujuan Kemasyarakatan

Tujuan organisasi yang pertama adalah tujuan kemasyarakatan terutama bidang Sosial (Social Goal),Tujuan Hukum(Law Goal),Tujuan poltik(Politic Goal) dan lain-lain yang menjadi tujuan utama organisasi karena sejatinya kita berorganisasi adalah untuk bisa merasakan apa yang dirasakan dan yang berkembang masyarakat.

  1. Tujuan Keluar

Selanjutnya adalah tujuan keluar (Output Goal). Didalam organisasi kita akan sering mengenal istilah output, outcam, dan input. Semuanya sangat penting kita kuasai dengan alasan itulah tolak ukur kita selama berorganisasi apakah pekerjaan yang kita lakukan selama di organisasi terlaksana dengan baik tentunya diukur dengan skala jangka panjang, pendek dan berkelanjutan.

Namun Sistem Harus benar-benar menjamin organisasi berjalan tanpa harus keluar dari koridor yang telah diatur dan disiapkan sebelum organisasi itu berdiri dan berjalan.

Demikian artikel ini saya tulis berdasarkan pertanyaan yang ditanyakan kepada saya oleh banyak pihak,semoga dapat menjadi Jawaban atas berbagai pertanyaan perihal pengertian tentang Organisasi,terlepas dari kekurangan dan kelebihan yang ada atas artikel ini,terimakasih.***(r/k65news).

Editor      : Adjie Saputra

_______________

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS MENDAPAT IZIN TERTULIS DARI REDAKSI, HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *