WARTAWAN KANTOR BERITA ONLINE KABAR65NEWS.COM DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK DILENGKAPI DENGAN KARTU PERS RESMI DAN NAMANYA TERDAFTAR DIBOX REDAKSI

Kabar65News

Menembus Peradaban

Dokter Agoesdjam Teman Sekolahnya Dokter Cipto Mangunkusumo? 

Oleh : dr. Simon Yosonegoro Liem

KEBANYAKAN orang pasti pernah mendengat nama dr. Cipto karena namanya diabadikan menjadi nama Rumah Sakit di Jakarta yakni RSCM (Rumah Sakit dr. Cipto Mangunkusumo). Namun mungkin hanya orang Ketapang yang pernah mendengar nama dr. Agoesdjam karena namanya diabadikan menjadi nama Rumah Sakit Daerah (RSUD) di Ketapang, Kalbar.

Dokter Agoesdjam adalah adik kelas dr. Cipto di STOVIA, Sekolah Dokter zaman Hindia Belanda, yang menjadi cikal bakal Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI).

Ternyata dr. Agoesdjam juga adalah teman seangkatan dengan adik kandung dr. Cipto yang bernama dr. Goenawan Mangoenkoesumo (ejaan yang disempurnakan/EYD: Gunawan Mangunkusomo). Mereka berdua masuk kedokteran tanggal 10 Januari 1903. Keduanya juga kelahiran tahun 1888 artinya mereka mulai Sekolah Dokter pada usia 15 tahun. (lihat tanda panah merah)

Lho koq muda banget sekolah dokter? Iya zaman dahulu sekolah dokter itu mulai dari Sekolah Menengah. Ketika itu sekolah berkisar 10 tahun baru bisa lulus menjadi dokter.

Zaman dahulu, semua siswa kedokteran harus tinggal di asrama. Jadi mereka tentunya saling mengenal. Cita-cita kemerdekaan Indonesia pun tercetus di sekolah dokter ini sehingga pada tanggal 20 Mei 1908 dibentuklah organisasi “Boedi Oetomo” (Budi Utomo). Ketua Umum pertama Budi Utomo yakni dr. Sutomo (Raden Soetomo) juga adalah teman seangkatan dr. Agoesdjam. (lihat tanda bintang)

Para siswa dokter kala itu merasa senasib sepenanggungan sehingga berjuang sekuat tenaga demi kemerdekaan Indonesia. Tidak sedikit dari mereka yang gugur sebelum melihat Indonesia merdeka.

Hari ini, tepat 112 tahun berdirinya Budi Utomo diperingati sebagai Hari Kebangkitan Nasional dan Hari Bakti Dokter Indonesia. Semoga kita generasi muda senantiasa menhargai perjuangan pendahulu kita serta berjuang demi Indonesia yang lebih baik.

Jakarta, (20/5/2020).

Simon Yosonegoro Liem, Orang Ketapang yang sedang menimba ilmu tentang virus, bakteri dan jamur (PPDS Mikrobiologi Klinik) di Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, dan pernah bertugas di RSUD dr. Agoesdjam di Ketapang.***(r/k65news).

Editor      : Adjie Saputra

_______________

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS MENDAPAT IZIN TERTULIS DARI REDAKSI, HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *