Kabar65News

Menembus Peradaban

Stikes YARSI Pontianak Rumuskan Visi dan Misi Libatkan Stake Holder

PONTIANAK – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan ( STIKes ) YARSI Pontianak, terus berbenah diri , melalui berbagai upaya, diantaranya dalam merumuskan Visi dan Misi STIKes YARSI Pontianak, membangun kerjasama dengan Stake Holder ( Mitra Kerja ),Dinas Kesehatan Provinsi, Kabupaten dan Kota se Kalimantan Barat, dengan Pimpinan Rumah Sakit se Kalimantan Barat, Pimpinan Pusat Kesehatan Masyarakat ( PUSKESMAS ), di Kecamatan Pontianak Timur dan Kabupaten Kubu Raya, dengan Forum Komunikasi Pondok Pesantren se Kubu Raya dan perwakilan orang tua Mahasiswa, serta perwakilan Mahasiswa.

Ketua STIKesYasri Pontianak, Ns Uti Rusdian Hidayat M.Kep berharap kehadiran mereka secara Virtual, bisa berkontribusi, dalam merumuskan Visi dan Misi STIKes YARSI Pontianak sampai tahun 2030 mendatang. Dengan Semakin banyak yang hadir dan memberikan sumbang saran, tentunya akan besar sekali manfaatnya bagi STIKes YARSI Pontianak. Utamanya dalam penyempurnaan Visi, Misi, Tujuan Target dan sasaran yang akan dicapai selama 10 tahun kedepan.

Secara Garis Besar, Visi dan Misi STIKes, serta Tujuan, Target dan Sasaran sudah ada, namun perlu masukan, Penyempurnaan, koreksi dan pendalaman, karena masing-masing Stake Holder, memiliki pandangan dan pemikirian yang berbeda, sehingga dengan banyaknya masukan akan menambah lengkap dan mantap Visi dan Misi STIKes YARSI Pontianak.

Sementara itu Ketua Pengurus YARSI Pontianak Drs.SuhadiSw.M. Si ketika membuka acara Workshop Visi dan Misi STIKes YARSI Pontianak, menyampaikan bahwa Visi itu merupakan tujuan atau gambaran tentang apa yang akan dicapai, untuk mewujudkannya dijabarkan dalam Misi, Tujuan , Target dan sasaran, sehingga antara Visi, Misi, Tujuan, Target dan Sasaran mengalir saling terkait.

Visi STIKes Yarsi Pontianak  “ Menjadikan Pendidikan yang Unggul dan Islami “ didalam Visi STIKes YARSI Kata SuhadiSw, terdapat dua Variabel, yaitu Variabel Bebas (Menjadi Pusat Pendidikan yang Unggul) dan Variabel terikat (Pendidikan yang Islam ), kedua Variabel ini, dalam Implementasinya bias dibedakan tetapi tidak bias dipisahkan. Artinya satu sama lain saling terkait dan saling mengisi.

Semua kegiatan STIKes YARSI Pontianak, harus mengacu pada Visi dan Misi,  Demikian juga dalam Implementasi Tri Dharma Perguruan Tinggi, dibidang Pendidikan misalnya, bagaimana mengimplementasikan pendidikan yang unggul dan Islami, bagaimana Perilaku Mahasiswa yang Islami dan berkarakter, bagaimana dalam Proses Belajar mengajar, bagaimana kurikulumnya dan bagaimana dengan Lingkungannya , kesemuanya mengarah tercapainya Visi dan Misi .

Demikian juga dalam Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat, harus mengalir dari Visi dan Misi STIKes, artinya semua kegiatan yang dilakukan oleh STIKes YARSI Pontianak, muaranya dari Visi dan Misi.

Kedepan STIKes dalam melakukan Penelitian diharapkan hasilnya bias dimanfaatkan oleh Masyarakat Kalimantan Barat, utamanya yang berkaitan dengan kekayaan Sumber Daya Alam dan Aneka Hayati yang bias digunakan untuk membuat obat.

Dalam Pengabdian Kepada Masyarakat ,cari Daerah yang memang memerlukan kehadiran Mahasiswa, utamanya dalam memberikan solusi-solusi yang diperlukan masyarakat, apalagi di era Pandemik Covid 19. Termasuk mendukung Kebijakan Gubernur Kalimantan Barat dalam meningkatkan Indek Pembangunan Manusia baik dari Sisi Pendidikan maupun Kesehatan.

Mengingat begitu Dominannya Visi dan Misi dalam suatu Organisasi, seperti halnya STIKes YARSI Pontianak , maka dalam perumusannya diperlukan keseriusan, kehati-hatian dan kesungguhan, makanya STIKes YARSI Pontianak, untuk merumuskan Visi dan Misinya, memerlukan masukan, saran, koreksi dan kontribusi darisemua pihak, agar hasilnya maksimal kata Suhadi menutup Pembicaraannya dengan Wartawan..

Sementara itu Ketua Pembina YARSI Pontianak H.Rusliansyah D Tolove, menyampaikan bahwa Visi yang telah dirumuskan oleh STIKes YARSI Pontianak perlu adanya penyempurnaan dan masukan dari semua pihak, utamanya para User / Pengguna Lulusan STIKes YARSI Pontianak, agar hasilnya maksimal, sekaligus menjawab keinginan dari para Pengguna  Alumni STIKes.Visi itu sama dengan Brand marknya( Simbol ), Karakter STIKes, oleh karenanya setelah mendapatkan masukan dari Stake Holder, segera ajukan ke Pengurus untuk mendapatkan masukan dan persetujuan.***(r/k65news).

Editor    : Adjie Saputra

_______________

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS MENDAPAT IZIN TERTULIS DARI REDAKSI, HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *