WARTAWAN KANTOR BERITA ONLINE KABAR65NEWS.COM DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK DILENGKAPI DENGAN KARTU PERS RESMI DAN NAMANYA TERDAFTAR DIBOX REDAKSI

Kabar65News

Menembus Peradaban

Bupati Martin Rantan Perintahkan Agar Dilakukan Persiapan Untuk Pemekaran Kecamatan

PEMAHAN – Bupati Ketapang, Kalbar, Martin Rantan,  SH.,M.Sos bersama Wakil Bupati H. Farhan,SE.,M.Si telah melakukan kunjungan kerja ke Kecamatan Pemahan dalam rangka persiapan pemekaran Kecamatan.

Dalam kesempatan tersebut, Bupati Martin Rantan meminta agar  para Camat dan Kepala Desa untuk menyiapkan pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB), pada Senin, 28 Juni 2021 kemarin.

Bupati Martin Rantan menyampaikan, bahwa berdasarkan Undang-Undang No. 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah, meskipun moratorium pemekaran otonomi baru belum di buka oleh Pemerintah Pusat tetapi persiapan pemekaran sudah harus dilakukan sejak sekarang.

Lebih lanjut Bupati Martin Rantan menjelaskan terkait wilayah administrasi Kecamatan yang akan dimekarkan diantaranya Kecamatan Sandai, Laur, Nanga Tayap.

Berikutnya Kecamatan Manismata, Marau, Air Upas, Singkup, Jelai Hulu, Tumbang Titi, Sei Melayu Rayak, dan Pemahan.

Menurut Bupati Martin Rantan,  bahwa pemekaran adalah solusi mengatasi luasan wilayah serta memperpendek rentang kendali pemerintahan.

Hal tersebut menurut Bupati lagi lantaran luasan wilayah administratif Kabupaten Ketapang setara dengan luas wilayah Provinsi Jawa Tengah.

Dikatakan Bupati Ketapang Martin Rantan, Provinsi Jateng dengan 29 kabupaten, dan 6 kota. Sementara Kabupaten Ketapang dengan luas wilayah seluas Jateng hanya dibiayai satu APBD saja.

Untuk itu, Bupati Martin Rantan meminta Camat dan kepala desa bersama warga masyarakat untuk menyiapkan dokumen dokumen pemekaran yang nanti akan diajukan ke Pemerintah Pusat jika moratorium Pemekaran daerah otonomi baru dibuka.

Selanjutnya Bupati Martin Rantan  juga menyampaikan imformasi pembangunan yaitu  pembangunan Puskesmas Rawat Inap di Desa Lalang Panjang yang pembangunannya sudah rampung, serta pembangunan SPBU 3T yang pekerjaannya sedang dilakukan.

Pada kesempatan tersebut Bupati Martin Rantan mengucapkan terima kasih kepada warga Pebihingan atas dukungan pembangunan yang dulunya ada pro dan kontra dan sekarang Puskesmas tersebut tinggal menggu peresmian nya saja.

Seterusnya, Bupati Martin  juga mengharapkan kepada warga Pebihingan untuk segera menyiapkan lahan pembangunan Polsek Sub. Sektor Pemahan.

Pemerintah Daerah,kata Bupati Ketapang Martin Rantan, akan membangun Polsek sub Sektor Pemahan melalui belanja hibah yang nanti akan diserahkan ke Polres Ketapang.

Kehadiran Bupati dan wakil Bupati hari itu didampingi oleh Camat Tumbang Titi Sabran, S.Pd., MH, Camat Pemahan  Sudirman Sinaga, S.Km, M.,KM dan Camat Sungai Melayu Rayak H. Matjuni.***(r/k65news).

Editor    : M. Fahrozi

Gambar : Dokumen Humas dan Protokol Setda Ketapang

_______________

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS MENDAPAT IZIN TERTULIS DARI REDAKSI, HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *