WARTAWAN KANTOR BERITA ONLINE KABAR65NEWS.COM DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK DILENGKAPI DENGAN KARTU PERS RESMI DAN NAMANYA TERDAFTAR DIBOX REDAKSI

Kabar65News

Menembus Peradaban

Disparbud Adakan Festival Dendang Melayu Ketapang 2022, Ini Para Pemenangnya

KETAPANG – Ketua DPRD Ketapang M. Febriadi, S,Sos.,M.Si. hadiri kegiatan  Grand Final Festival Dendang Melayu Ketapang tahun 2022 yang diselenggarakan Pemerintah Kabupaten Ketapang melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Ketapang,Rabu, (22/06/2022) malam di Citymall Ketapang.

Dalam kesempatan itu, Ketua Panitia Samson Noven mengatakan Festival Dendang Melayu merupakan suatu upaya Pemerintah Daerah dalam hal ini Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ketapang untuk meningkatkan profesionalisme dalam menggali potensi ekonomi kreatif, dalam hal ini kesenian budaya Melayu yang ada di Kabupaten Ketapang, sekaligus mempromosikannya. Terutama bagi generasi muda penerus bangsa yang ada di Kabupaten Ketapang.

Maksud dan tujuan kegiatan ini, lanjut Samson, sebagai wadah apresiasi seni dan berkompetisi untuk meraih prestasi bagi generasi muda Kabupaten Ketapang dan sebagai ajang silaturahmi membina persahabatan antar pelajar/mahasiswa/umum.

“Sebagai sarana media promosi ekonomi kreatif dalam hal ini kesenian budaya Melayu dan menyajikan acara hiburan yang bermutu sekaligus mendidik masyarakat Ketapang untuk sadar akan pentingnya Pelestarian seni budaya melayu Ketapang,” tambah Samson.

Samson kemudian menjelaskan kegiatan pendaftaran peserta dimulai 2 Juni s/d 17 Juni 2022 di Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ketapang Bidang Ekonomi Kreatif. 

Tahapannya antara lain Technical Meeting, Pengambilan Nada dan Pengambilan Nomor Urut Tampil, yaitu pada Senin, 20 Juni 2022 pukul 13:00 WIB s/d selesai di Citimall Ketapang. Sedangkan Babak Audisi Seleksi/Penyisihan Peserta pada hari Selasa, 21 Juni 2022 Jam 19.30 WIB S/d Selesai di Citimall Ketapang.

Jumlah peserta yang mengikuti kegiatan Festival Dending Melayu Ketapang 2022 berjumlah 39 orang, yang terdiri dari 18 Orang Pria dan 21 Orang Wanita, dimana Peserta terdiri dari pelajar, mahasiswa, utusan OPD dan umum.

“Masing-masing pemenang akan menerima uang tunai, piagam plus trophy,” ujar Samson.

Sementara itu Ketua DPRD Kabupaten Ketapang M. Febriadi menyampaikan terima kasih kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan, dan panitia yang telah mengundang dan memberikan kesempatan kepada dirinya untuk memberikan sambutan pada acara malam ini.

Selaku Ketua DPRD Ketapang, Febriadi sangat mendukung acara festival Dendang Melayu seperti ini, Sebagai salah satu upaya untuk melestarikan adat dan budaya terutama budaya Melayu di Kabupaten Ketapang.

“Teruslah berbuat untuk terus melestarikan adat dan budaya Melayu agar adat dan budaya yang ada di tanah air maupun di Kabupaten Ketapang ini tidak hilang ditelan Zaman dan ditelan oleh budaya-budaya aari luar negeri,” harap Febriadi.

Febriadi menyatakan salut dan bangga kepada Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ketapang yang terus berbuat dan berkerjasama dengan berbagai pihak dalam upaya melestarikan berbagai adat dan budaya di Kabupaten Ketapang dan kepada para peserta yang mengikuti Festival Dendang Melayu ini.

“Saya mengucapkan selamat berlomba. Semoga yang menang dapat terus mengasah kemapuanya dalam berdendang Melayu, dan yang kalah terus berlatih dan jangan kecewa,” ingat Febriadi.

Sedangkan Bupati Ketapang dalam sambutannya yang dibacakan Asisten I Sekda Kabupaten Ketapang Edi Radiansyah mengucapkan selamat kepada peserta yang telah berhasil masuk babak Grand Final Festival Dendang Melayu Kabupaten Ketapang Tahun 2022.

Bupati Ketapang juga mmberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada panitia Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Ketapang yang telah bekerja dengan kompak, sehingga acara Grand Festival Dendang Melayu Kabupaten Ketapang Tahun 2022 pada hari Ini, dapat dilaksanakan sesuai dengan yang direncanakan.

Menurut Bupati Ketapang, pendidikan, kepemudaan, membangun sumber daya manusia yang semuanya itu tertuang lewat kreatifitas seni, terutama seni musik dalam hal ini tentunya seni musik Melayu.

Seperti diketahui etnis dan budaya di Bumi Tanah Ketapang ini sangatlah beragam, seperti Melayu, Dayak, Cina, Jawa, Batak, dan masih banyak lagi yang lainnya.

“Saya berharap acara Festival Dendang Melayu ini akan tetap eksis pelaksanaan setiap tahunnya, usaha ini dilakukan agar seni budaya lokal yang ada di Kabupaten Ketapang tidak hilang ditelan jaman,” tutup Bupati Ketapang.

Nerikut Daftar Pemenang Festival Dendang Melayu Kabupaten Ketapang Tahun 2022

Pria

  1. Indra Kurniawan
  2. Rendy Juliansyah
  3. Yani Purwanto
  4. Ilham Nasir
  5. Pramudio Egi Guntara
  6. Sudarjianto

Wanita

  1. Eva Firnasari
  2. Cindy Gestriani
  3. Yuni Kartika
  4. Melli Nur Aisyah
  5. Pusi Ulandari
  6. Brigita Herni.***(sm/k65news).

Editor : M. Fahrozi.

_______________

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS MENDAPAT IZIN TERTULIS DARI REDAKSI, HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *