WARTAWAN KANTOR BERITA ONLINE KABAR65NEWS.COM DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK DILENGKAPI DENGAN KARTU PERS RESMI DAN NAMANYA TERDAFTAR DIBOX REDAKSI

Kabar65News

Menembus Peradaban

Babinsa Koramil 1710-02/Timika Laksanakan Pendampingan Pertanian Di Wilayah Binaan

TIMIKA – Babinsa merupakan salah satu motor penggerak bagi para petani dan kelompok tani untuk terciptanya swasembada pangan karena dengan terciptanya swasembada pangan yang tangguh, maka ketahanan nasional pun akan meningkat. Menyikapi hal tersebut, Babinsa Koramil 1710-02/Timika, Koptu Kawang melaksanakan pendampingan pertanian di lahan milik Bapak Dahlan di Ds. Kadun Jaya, Distrik Wania, Kab. Mimika, Senin (20/03/2023).

Banyak faktor yang dapat mempengaruhi produksi atau hasil panen, salah satu di antaranya pendampingan dan pengawalan dalam mewujudkan swasembada pangan. Peran Babinsa dalam hal ini adalah sebagai komunikator dan fasilitator untuk menghubungkan antar kelompok tani yang ada di wilayah Kodim 1710/Mimika dan juga sebagai penyambung lidah antara kelompok tani dengan pihak pemerintah daerah khususnya dinas pertanian.

Bapak Dahlan sendiri merupakan petani cabai dan sayur, pada kesempatan kali ini Koptu Kawang membantu Bapak Dahlan dalam menyemprotkan pestisida dan juga membantu hal lainnya. Hal ini dilakukan untuk mencegah hama yang berpotensi menimbulkan gagal panen, selain itu Koptu Kawang pun menyampaikan agar merawat lahan dan irigasi mengingat curah hujan yang cukup tinggi.

Cabai sendiri memiliki permintaan pasar yang tinggi, oleh karena itu petani meminta kepada Babinsa agar bisa menyuarakan kepada pemerintah untuk membantu para petani dalam mengembangkan cabai di Kabupaten Mimika, sehingga pasokan sayur bisa memenuhi kebutuhan masyarakat tanpa harus mendatangkan dari daerah lain. Koptu Kawang pun berjanji akan berusaha maksimal dalam menyuarakan aspirasi petani dan juga berkomunikasi dengan kelompok tani lain agar persediaan cabai bisa tercukupi.***(sp/k65news).

Editor : M. Fahrozi.

Dokumen : Puspen TNI.

_______________

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS MENDAPAT IZIN TERTULIS DARI REDAKSI, HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *