WARTAWAN KANTOR BERITA ONLINE KABAR65NEWS.COM DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK DILENGKAPI DENGAN KARTU PERS RESMI DAN NAMANYA TERDAFTAR DIBOX REDAKSI

Kabar65News

Menembus Peradaban

Pangdam XII/Tanjunpura Resmikan Tugu Kota Juang Tumbang Titi

TUMBANG TITI – Panglima Kodam XII/Tanjungpura menjadi Inspektur Upacara Peresmian Monumen Kota Juang Tumbang Titi, Rabu (25/10/2023).

Pangdam dalam amanatnya mengatakan bangsa yang besar adalah bangsa yang menghormati para pahlawan, para pejuang dan para pendahulunya

Sedangkan bangsa yang cerdas adalah bangsa yang bisa memetik pelajaran dari apa yang dialami dimasa lalu untuk kepentingan yang baik dimasa depan.

“Oleh karen itu kita harus terus membangun diri agar kita benar-benar menjadi bangsa yang besar dan cerdas,” tegas Pangdam.

Berkaitan dengan itu, dikatakan Pangdam dengan selesainya pembangunan monumen kota juang tumbang titi Kabupaten Ketapang ini adalah bagian dari upaya bersama agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang besar dan bangsa yang cerdas.

“Saya atas nama Pangdam XII/Tanjunpura dan nama pribadi mengucapkan terima kasih atas penghormatan saya menjadi inspektur upacara pada peresmian kota juang tumabang titi,” ujarnya.

Pangdam menjelaskan monumen kota juang ini untuk mengenang pejuangan masyarakat Tumbang Titi tahun 1914,” jelasnya.

Maka dari itu disampaikan Pangdam untuk menghormati dan mengabadikan sikap heroik yang ditampilkan oleh para pejuang sebagai patriot dan bahayangkara negara yang telah mengabdi dalam merebut dan mempertahankan Kemerdekaan Negara Indonesia untuk menghormati pelaku sejarah perang kedang maka dibangunlah monumen kota juang Tumbang Titi.

“Dengan menetapkan 3 tokoh utama peristiwa sejarah tersebut sebagai pahlawan daerah diantaranya pemimpin perang Uti Usman pemimpin lapangan Panglima Tantemak, pimpinan logistik amunisi dan senjata Kanduruhan Bajir,” jelasnya.

Selain itu Pangdam juga mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung kelancaran pembangunan monumen kota juang tumbang titi sehingga dapat selesai dengan target yang diharapkan.

“Dengan memohon ridho Tuhan Yang Maha Esa pada hari ini Rabu tanggal 25 Oktober 2023 pukul 15.24 WIB Monumen Kota Juang Tumbang Titi saya resmikan,” tutup Pangdam.

Selanjutnya dalam kesempatan tersebut juga dibacakan Deklarasi Monumen Kota Juang oleh Bupati Ketapang Martin Rantan, SH.,M.Sos dan dilanjutkan dengan penandatanganan prasasti Kota Juang, prasasti Makam Uti Usman, prasasti Makam Panglima Tantemak, prasasti Jalan Karya Bakti TNI oleh Pangdam XII/Tanjupura serta penyalaan 20 obor perjuangan oleh 20 Camat se- Kabupaten Ketapang.***(adv/r/k65news).

Editor : M. Fahrozi.

_______________

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS MENDAPAT IZIN TERTULIS DARI REDAKSI, HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”


Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *