WARTAWAN KANTOR BERITA ONLINE KABAR65NEWS.COM DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK DILENGKAPI DENGAN KARTU PERS RESMI DAN NAMANYA TERDAFTAR DIBOX REDAKSI

Kabar65News

Menembus Peradaban

Terkait Pelabuhan Tembilok Ketapang, Begini Kata Sekda Alexander Wilyo

KETAPANG – Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Ketapang, Alexander Wilyo, S.STP., M.Si memimpin Rapat Pembahasan Pelabuhan Tembiluk, Senin (22/04/2024) di Ruang Rapat Kantor Bupati Ketapang.

Dalam arahannya, Sekda mengatakan bahwa Rapat Koordinasi Rencana Penataan dan Pengelolaan Pelabuhan Tembiluk ini sangat strategis dan urgent untuk kemajuan Kabupaten Ketapang.

Selain itu, Sekda menyebut bahwa dirinya tiga bulan lalu, telah menandatangani penyerahan Pelabuhan Tembiluk dari Kemenhub kepada Kabupaten Ketapang dengan berbagai pertimbangan untuk kemajuan Kabupaten Ketapang.

“Setelah kita kaji dan kita tinjau, aset pelabuhan Tembiluk tersebut memang sangat luar biasa. Dengan nilai perolehan 27 Milyar, dan biaya penyusutannya sekitar 7 sampai 10 Milyar,” ujar Sekda.

Oleh karena itu, Sekda yakin, jika pelabuhan Tembiluk itu bisa diperbaiki dan dikelola dengan baik, maka akan bisa mendapatkan nilai tambah serta multiplier effect untuk perekonomian masyarakat Kabupaten Ketapang.

Terkait dengan penataan dan pengelolaan  pelabuhan Tembiluk, Sekda menyebut bahwa dirinya juga sudah pernah dihubungi oleh banyak pihak.

“Pada saat peninjauan pelabuhan Tembiluk masyarakat di sekitar pelabuhan juga sangat antusias. Mereka berharap agar pelabuhan Tembiluk ini dapat dikelola, difungsikan,” ujar Sekda.

Selain dari masyarakat setempat dikatakan Sekda juga dari pihak swasta dan beberapa perusahaan sangat merespon dengan baik.

“Jika bisa dikelola dengan baik, pelabuhan Tembiluk ini akan memiliki daya ungkit dan peluang yang sangat besar bagi perekonomian di Kabupaten Ketapang dan akan menambah Pendapatan Asli Daerah, (PAD),” ucap Sekda.

Disamping itu, Sekda pun mengaku tidak habis akal, walaupun kewenangan di bidang kelautan itu bukan kewengan Kabupaten, tetapi ada yang bisa dicari sehingga pelabuhan Tembiluk itu bisa dikelola oleh Dinas Perhubungan.

Sebab itu, Sekda minta kepada Dinas Perhubungan agar mempersiapkan data,  rekapitulasi data dan lain-lainnya harus diperbaiki, sehingga pelabuhan Tembiluk nanti bisa fungsional dari jalan akses, fasilitas-fasilitas lainnya, termasuk kantor dan dermaganya yang harus diperbaiki.

“Kemudian setelah itu, kita harus mulai memploting didalam APBDP 2024, termasuk di ABPD 2025. Jadi harus ada skenario penganggaran atau skenario  pembiayaan,” jelasnya.

“Setelah menyelesaikan terkait dengan bangunan fisiknya juga akan membahas masalah lembaga pengelolanya,” lanjut Sekda.

Sekda yakin ketika dikelola dengan baik, kontribusinya pun langsung ke PAD, multiplier effectnya banyak, dan akan berkembang juga jasa, UKM, ojek, rental mobil, wisata dan dampaknya akan menghidupkan ekonomi masyarakat.

“Secara umum lebih banyak manfaatnya daripada mudaratnya. Itulah yang membuat Saya menanda tangani penyerahan pelabuhan Tembiluk tersebut,” terangnya.

“Oleh karena itu, Saya berharap agar Rapat Koordinasi Rencana Penataan dan Pengelolaan Pelabuhan Tembiluk ini dapat menghasilkan beberapa poin kesimpulan rapat, sebagai dasar untuk menyusun langkah-langkah kedepan dari segi penganggaran dan dengan pihak mana bisa menjalin kerja sama,” pungkasnya.

Turut hadir dalam rapat ini, Asisten III, Kadishub, Kadistanakbun, Dinas PUTR, Bidang Aset, Bappeda, Kabag Tapem, Kabag Hukum, Kabag Organisasi, Camat Muara Pawan dan lainnya.***(adv/e/k65news).

Editor : M. Fahrozi.

_______________

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS MENDAPAT IZIN TERTULIS DARI REDAKSI, HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *