Kabar65News

Menembus Peradaban

Malam Satu Syuro di Ketapang Digelar Wayang Semalam Suntuk

KETAPANG – Pagelaran wayang semalam suntuk merupakan event tetap yang diselengarakan oleh Paguyuban Jawa di kabupaten Ketapang,Kalbar. Kegiatan ini dalam rangka memperingati Hari Satu Syuro yang juga bertepatan dengan HUT Paguyuban Jawa di daerah ini.

Drs. Suwignyo, Ketua Paguyuban Jawa Ketapang mengatakan bahwa, pagelaran akan ditanggap oleh Ki Dalang Ki Gondo Suharjo dengan lakon Semar Membangun Kayangan.

Pentas seni yang digelar di Kompleks GOR Tentemak, Rabu (20/09/2017) malam lalu itu, menambah semarak Kota Ketapang yang pada Rabu malam itu juga digelar pawai obor keliling Kota Ketapang dalam rangka memperingati 1 Muharam 1439 H.

Sementara itu Suharto, SE, Ketua Panitia kegiatan menjelaskan bahwa pagelaran wayang semalam suntuk terebut dalam rangka ulang tahun Paguyuban Jawa Kabupaten Ketapang yang ke 20, yang bertepatan dengan peringatan 1 Syuro 1951 tahun saka dan 1 Muharam 1439 H/2017.

Bupati Ketapang yang diwakili Ir. JP Setyo Harnowo M.Sc, staf ahli Bupati Ketapang Bidang Kemasyarakatan dan Sumber Daya Manusia memberikan semangat kepada masyarakat Jawa Ketapang.

Ia mengingatkan pentingnya komunitas Jawa untuk selalu beradaftasi dengan budaya masyarakat setempat. Dimana Bumi Dipijak, Disitu Langit Dijunjung. Tak lupa ia juga mengingatkan bahwa dalam beberapa waktu ke depan, Ketapang akan mulai dilirik industri.

“Karena itu, kita harus mempersiapkan diri, salah satunya dengan industri budaya”, kata Setyo Harnowo yang mewakili Bupati Ketapang, seraya menyambut baik acara ini, sebagai wujud pelestarian budaya Jawa dan sekaligus menjadi sarana untuk menyatukan warga.

Mantan Kadis Kehutanan Kabupaten Ketapang ini juga menekankan agar masyarakat harus lebih maju dalam pendidikan. “Anak-anak kita harus lebih maju dari kita. Selain itu dipaparkannya juga hubungan budaya sektor kepariwisataan di Kabupaten Ketapang dan lain sebagainya.

Dalam acara tersebut dilakukan penyerahan wayang dari Bupati Ketapang yang diwakili Setyo Harnowo kepada Ki Dalang Ki Gondo Suharjo, menandakan dimulainya pagelaran wayang semalam suntuk.***(Yudo Sudarto/K65News).

_______

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS SEIZIN REDAKSI  HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”

_____

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *