Kabar65News

Menembus Peradaban

Ular Untub di Ketapang Terus Berkembang, Ini Yang Dilakukan Perusahaan Perkebunan Kelapa Sawit

KETAPANG – Ancaman gigitan ular berbisa species Untub masih terus menghantui para petani dan karyawan serta warga sekitar perkebunan kelapa sawit yang ada di Ketapang, Kalimantan Barat.

Beberapa tahun terakhir ini populasi ular Untub di perkebunan besar kelapa sawit tersebut semakin berkembang biak, dan apabila tidak segera dilakukan upaya upaya tertentu sangat sulit untuk dibendung, yang pada akhirnya nanti akan banyak menelan korban jiwa.

Untuk sementara pihak perusahaan perkebunan kelapa sawit sudah melakukan upaya upaya pencegahan awal untuk menghindari patokan ular Untub itu, salah satunya Cargill Group yang diperkebunan kelapa sawit yang dikelolanya itu ada species ular Untub.

“Pihak perusahaan sudah menyiapkan berbagai anti bisa ular yang siap di Klinik Kebun dan Balai Pengobatan serta sudah pula dilakukan pelatihan penanggulangan dan pertolongan jika ada karyawan digigit ular”, terang Hidirmanto, SH selaku PSS-CSR (Plasma Support Service – Corporate Social Responsibility)Manager Cargill Group kepada media ini, Selasa (10/10/2017) pagi.

Selanjutnya terang Hidir, bahwa pihaknya sudah menggunakan berbagai strategi pencegahan gigitan ular, termasuk alat pelindung diri terutama kaki dan tangan, bahkan pihaknya juga sudah melatih para karyawan untuk mengetahui apa saja yang boleh dilakukan pada kasus gigitan ular itu dan apa saja yang tidak boleh.

“Sekali lagi perlu saya sampaikan bahwa, kami sudah mempersiapkan disetiap klinik estate anti bisa ular untuk penanganan segera. Dan saat ini Cargill sedang membuat snake bite policy yang terintegrasi, dan akan dugunakan sebagai panduan utama dalam mencegah dan menangani serangan dan gigitan ular berbisa itu”, tutup Hidirmanto.

Senada dengan Cargill Group, pihak BGA yang juga mengelola beberapa titik perkebunan kelapa sawit di Ketapang, Kalbar, telah pula melakukan antisipasi pencegah gigitan ular berbisa itu.

“Kalau kita atau karyawan, diwajibkan memakai pakaian APD (Alat Pelindung Diri), salah satu komponen pakaian APD itu adalah sepatu boot tinggi”, terang Riduan,SP selaku Kepala Perwakilan BGA Group di Ketapang kepada media ini beberapa waktu lalu.

Menurut Riduan, bahwa pihaknya juga telah dan sangat sering melakukan sosialisasi dan meminta semua karyawannya untuk patuh dan disiplin memakai alat pelindung diri tersebut.***(Halim Anwar/K65News).

Gambar : (1). Species Ular Untub. (2). Hidirmanto.***(Ist).

______

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS SEIZIN REDAKSI. HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”

_____

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *