WARTAWAN KANTOR BERITA ONLINE KABAR65NEWS.COM DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK DILENGKAPI DENGAN KARTU PERS RESMI DAN NAMANYA TERDAFTAR DIBOX REDAKSI

Kabar65News

Menembus Peradaban

Dipusatkan di Pendopo Bupati Ketapang, Pentas Seni dan Budaya Dayak Akan Digelar

KETAPANG – Perhelatan Pentas Seni & Budaya Dayak (PSBD) Tahun 2017 di Ketapang, Kalbar, akan dilaksanakan pada tanggal 19 – 25 November 2017, yang akan datang.

Hal itu disampaikan Ketua Panitia Pentas Seni & Budaya Dayak Kabupaten Ketapang Tahun 2017, Alexander Wilyo, S.STP, M.Si kepada media ini, Sabtu (04/11/2017) malam.

Selanjutnya dijelaskan Alexander, bahwa rangkaian acaranya terdiri dari  acara pembukaan PSBD, yang akan dilangsungkan pada hari Minggu, 19 November 2017,  jam 13.00-selesai,  dilanjutkan dengan peninjauan stand pameran,  display/pawai budaya,  ritual adat di Tugu Tolak Bala, Jl. A. Yani, Ketapang.

“Sedangkan kegiatan lainnya, seperti perlombaan olahraga tradisional akan diadakan setiap sore, mulai tanggal 20-25 November. Perlombaan tradisional yang akan digelar adalah menyumpit perorangan dan beregu, pangkak gasing perorangan dan beregu, tongkat longgak putra, tengkuyung berambeh putra/i, rotan segulong putra/i, memasak makanan tradisional Dayak, memindang beras, melukis perisai, melukis kanvas, becuncong putra, dan mendongeng Dayak”, terang Alexander.

Untuk pementasan dan pertunjukan seni, lajut Alexander, akan dilaksanakan setiap malam, mulai dari tanggal 19-25 November, pukul 19.00-selesai. Pentas dan pertunjukan seni ini meliputi pertunjukan dan festival tari Dayak kreasi, festival pop singer dewasa putra/i dan festival busana Dayak dewasa putra/i.

“Pada PSBD kali ini juga akan diadakan Musdat dan Raker DAD Kabupaten Ketapang. Pada puncak acara Musdat dan Raker tahun ini akan dilakukan pemilihan pengurus baru DAD Kabupaten Ketapang. Musdat dan Raker ini akan dihadiri oleh para utusan DAD Kecamatan dan jajaran pengurus DAD Kabupaten Ketapang”,tukas Alexander Wilyo.

Kemudian Alexander juga menjelaskan, di penghujung PSBD akan digelar juga acara ritual penutup. Ritual penutup ini akan dilakukan oleh para sesepuh dan tetua adat Dayak di Kabupaten Ketapang.

“Seluruh rangkaian kegiatan PSBD kali ini, pelaksanaannya dipusatkan di arena Pentas Seni & Budaya Pendopo Bupati Ketapang”, tutup Alexander Wilyo selaku Ketua Panitia, seraya mengajak kita semua untuk menyaksikan beramai-ramai pagelaran akbar yang digelar setahun sekali di Kabupaten Ketapang ini. Ajaklah sanak keluarga, kerabat, handai taulan untuk memeriahkan acara PSBD Kabupaten Ketapang ini.***(Halim Anwar/K65News).

Gambar : Documen Panitia Pentas Seni & Budaya Dayak Kabupaten Ketapang Tahun 2017 untuk Kabar65news.

_______

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS SEIZIN REDAKSI. HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”

______

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *