Kabar65News

Menembus Peradaban

STQ XXV Kalbar di Singkawang, Ketapang Ikut Cabang Hafalan Hadist, Wabup dan Sekda Hadir

SINGKAWANG – Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXV Tingkat Propinsi Kalimantan Barat di Kota Singkawang telah dibuka oleh Gubernur Kalbar, H.Sutarmidji, SH, M.Hum, Sabtu (27/04/2019) malam di Stadion Kridasana Kota Singkawang.

Pembukaan STQ XXV Tingkat Propinsi Kalbar itu dihadiri juga Kapolda Kalbar, para Kepala Daerah se-Kalbar, termasuk Wakil Bupati Ketapang Drs. H.Suprapto S dan Sekda Ketapang H.Farhan, SE., M.Si yang juga Ketua LPTQ Ketapang.

Pada STQ XXV Tingkat Propinsi Kalbar yang akan berlangsung sampai tanggal 3 Mei 2019 tersebut menjadi salah satu kebanggaan bagi Pemkab Ketapang. Pasalnya salah satu cabang lomba yang dipertandingkan, yaitu hafalan Qur’an hanya diikuti Kabupaten Ketapang dan Kabupaten Mempawah.

Hal tersebut ditegaskan Sumastro, Ketua Panitia Pelaksana STQ XXV Tingkat Propinsi Kalbar. Ia melaporkan STQ memperlombakan cabang Tilawah Qur’an golongan anak-anak dan dewasa,Cabang Tahfiz Qur’an golongan 1 juz dan Tilawah, golongan 5 juz dan Tilawah, golongan 10 juz, golongan 20 juz serta golongan 30 juz. Dan, cabang hafalan hadist golongan 100 bersanad dan 500 tidak bersanad.

Peserta yang mengikuti STQ berjumlah 195 orang dari berbagai cabang diantaranya, Kabupaten Bengkayang 8 orang, Kabupaten Kapuas Hulu 11 orang. Kabupaten Kayong Utara 15 orang, Kabupaten Kubu Raya 14 orang, Kabupaten Ketapang 18 orang, Kabupaten Landak 12 orang, Kabupaten Melawi 16 orang.Kabupaten Mempawah 20 orang, Kabupaten Sambas 13 orang, Kabupaten Sanggau 12 orang, Kabupaten Sekadau 10 orang, Kabupaten Sintang 13 orang, Kota Pontianak 16 orang dan tuan rumah Kota Singkawang 17 orang.

“Peserta yang mendaftar untuk cabang hadist yakni Kabupaten Ketapang, dan Kabupaten Mempawah”, tegasnya.

Pembukaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) XXV Tingkat Provinsi Kalimantan Barat (Kalbar) di Stadion Kridasana ditandai dengan membunyikan sirene oleh Gubernur Kalbar bersama kepala daerah se-Kalbar dan Kapolda Kalbar. Acara dilanjutkan dengan hiburan tarian kolosal dan pelepasan 1.500 Tanglong.

Disebutkan Sutarmidji, Gubernur Kalbar, bahwa kegiatan STQ sebagai ajang persiapan STQ tingkat nasional yang akan direncanakan pada bulan Juni 2019. Ia berharap setelah selesai acara ini, kita segera menetapkan kafilah Kalbar untuk ditingkat Nasional. Ia menerangkan STQ Nasional akan dilaksanakan dibeberapa titik di Kota Pontianak.

Akan ada banyak tempat-tempat yang menjadi kenangan selama penyelenggaraan STQ Tingkat Nasional, yang pertama Mimbar Tilawah itu akan berada di titik nol derajat Lintang Utara dan Lintang Selatan dan belum ada diadakan di seluruh dunia, Kalbar yang pertama kali melakukannya.

“Untuk Mimbar Tilawah kedua diatas Sungai Kapuas, kita sedang bangun, Insya Allah menjadi kenangan, bahwa Kalbar pernah menjadi penyelenggara STQ Tingkat Nasional”, papar Gubernur Sutarmidji.***(PK/K65News).

Gambar : Dokumen Humas Sekda Ketapang untuk kabar65news.com

Editor    : Fahrozi

_____________________

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS MENDAPAT IZIN TERTULIS DARI REDAKSI, HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *