WARTAWAN KANTOR BERITA ONLINE KABAR65NEWS.COM DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK DILENGKAPI DENGAN KARTU PERS RESMI DAN NAMANYA TERDAFTAR DIBOX REDAKSI

Kabar65News

Menembus Peradaban

Ribuan Warga Padati Ketapang Expo, Dispora Gelar Lomba Japin

KETAPANG – Ribuan warga Ketapang memadati lokasi Ketapang Expo 2019, selain melihat stand-stand peserta pameran hari kedua, warga juga asyik menyaksikan lomba Tari Japin Kreasi dan Tradisional yang digelar Disbudpora di Pentas Seni Budaya, Kompleks Pendopo Bupati Ketapang.

Panitia Lomba Japin Tamrin dalam laporannya mengatakan, tema yang diusung dalam lomba Tari Japin Melayu Tradisonal dan Kreasi ke VIIII se Kabupaten Ketapang tahun 2019 adalah “Melalui Lomba Tari Japin Kita Gali,Kembangkan dan Lestarikan Budaya Daerah Sesuai Undang Undang Nomor 56 Tahun 2017 Tentang Kebudayaan“.

Dia menyebutkan lomba tari Japin tahun 2019 tanggal, 19-21 Juni 2019, Dispora bekerjasama dengan Panitia Pameran Ketapang Expo, peserta yang mengikuti lomba Japin sebanyak 14 kelompok yang berasal dari para pelajar dan sanggar-sanggar.

Dengan kegiatan tersebut diharapkannya mampu memberikan dukungan terhadap pengelola kesenian dan kebudayaan dengan semangat motivasi menggugah inspirasi para generasi muda Kabupaten Ketapang dalam membangun kreatif inovatif dan produktif dalam sebuah karya seni budaya yang berkualitas.

“Melalui lomba tari seni Japin tahun 2019 di Kabupaten Ketapang dapat digali, dikembangkan dan dilestarikan seni budaya untuk menambah khasanah budaya di kabupaten Ketapang“,kata Tamrin.

Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Yulianus mengatakan, tari Japin merupakan khasanah tarian rumpun Melayu yang bersifat edukatif dan sekaligus menghibur, tari Japin biasanya digunakan sebagai media dakwah Islamiyah melalui syair syair yang didendangkan. “Semoga kegiatan ini mampu menjadi wadah silaturahmi serta meningkatkan kebersamaan dan keakraban antar sesama“,harap dia.

Kegiatan ini juga menurut Yulianus dapat digunakan sebagai ajang kreatifitas seni tari, sehingga diharapkan mampu melestarikan seni tari tradisonal yang merupakan warisan budaya bangsa Indonesia sejak dulu kala khususnya yang ada di Kabupaten Ketapang.

Disampaikannya juga penyelenggaraan lomba tari Japin se-kabupaten Ketapang tahun 2019 ini merupakan salah satu upaya kita dalam melestarikan, mengembangkan serta memperkenalkan kesenian yang ada diwilayah kabupaten Ketapang khususnya kesenian tari.

“Bagi para seniman lomba Japin merupakan salah satu media bagi para seniman untuk menampilkan kreatifitasnya, namun tak kalah pentingnya masyarakat di berkesempatan menikmati kekayaan lokal negeri kita“, ungkapnya.

Diakhir sambutanya Yulianus mengucapkan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Panitia Pelaksana dan Panitia Pameran Expo 2019 yang telah melaksanakan kegiatan ini dalam upaya menumbuhkembangkan minat budaya melestarikan seni budaya, khsususnya seni budaya tari yang ada di Kabupaten Ketapang.***(PK/K65News).

Gambar : Dokumen Humas Sekda Ketapang untuk kabar65news.com

Penulis  : Alwi

Editor    : Fahrozi

_____________________

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS MENDAPAT IZIN TERTULIS DARI REDAKSI, HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *