WARTAWAN KANTOR BERITA ONLINE KABAR65NEWS.COM DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK DILENGKAPI DENGAN KARTU PERS RESMI DAN NAMANYA TERDAFTAR DIBOX REDAKSI

Kabar65News

Menembus Peradaban

Kantor Desa Sungai Awan Kiri Diresmikan, Begini Sambutan Bupati Martin Rantan

KETAPANG – Bupati Martin Rantan, SH, M.Sos, atas nama Pemerintah Kabupaten Ketapang mengucapkan terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada Pemerintah Kecamatan Muara Pawan dan Pemerintah Desa Sungai Awan Kiri, khususnya yang telah melaksanakan pembangunan kantor desanya.

Hal itu disampaikan Bupati Martin Rantan dalam sambutannya ketika meresmikan Kantor Desa Sungai Awan Kiri, Kecamatan Muara Pawan, Senin (15/07/2019) pagi tadi.

Selanjutnya Martin Rantan menyampaikan ucapan terima kasih kepada seluruh pihak yang terlibat langsung dalam pembangunan Kantor Desa Sungai Awan Kiri tersebut, terkhusus seluruh masyarakat Desa Sungai Awan Kiri yang ikut mendukung kegiatan pembangunan ini dan memberikan apresiasi yang sangat tinggi kepada Kepala Desa Sungai Awan Kiri beserta jajarannya yang telah mempersiapkan dan terlaksananya acara peresmian.

“Kehadiran saya dan rombongan pada kesempatan ini adalah dalam rangka untuk meresmikan Kantor Desa Sungai Awan Kiri, yang sumber dananya melalui APBDES tahun 2016 sampai dengan APBDES tahun 2019 dengan total anggaran Rp. 415.333.800,00 (empat ratus lima belas juta tiga ratus tiga puluh tiga ribu delapan ratus rupiah). Hal ini menunjukan bukti nyata keseriusan Pemerintahan Desa yang didukung oleh BPD Sungai Awan Kiri dalam kurun waktu 4 (empat) tahun untuk bisa memiliki kantor desa yang baru demi mewujudkan pelayanan yang lebih baik khususnya masyarakat Desa Sungai Awan Kiri”, kata Bupati Martin.

Disampaikan Bupati Martin, perlu diketahui, bahwa pembangunan kantor desa tidak diperbolehkan sumber pendanaannya dari Dana Desa terkecuali seluruh prioritas penggunaan Dana Desa di desa sudah dipenuhi dan tetap melalui persetujuan Bupati guna memastikan sudah terpenuhinya prioritas penggunaan Dana Desa di desa tersebut, “untuk itu pembangunan kantor desa sementara ini di anggarkan melalui sumber-sumber pendapatan selain dana desa seperti ADD dan lain sebagainya”, tandas Bupati Martin Rantan.

Bupati Martin juga atas nama Pemerintah Kabupaten Ketapang menyampaikan penghargaan yang setinggi-tingginya dan menyambut positif atas pembangunan Kantor Desa Sungai Awan Kiri ini.

“Dengan adanya kantor baru ini, diharapkan akan menambah semangat untuk lebih dapat meningkatkan kinerja dari apa yang telah dikerjakan selama ini dan dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat Desa Sungai Awan Kiri. Kepada Kepala Desa beserta perangkat desanya diharapkan benar-benar dapat memberikan pelayanan yang maksimal kepada masyarakat. Layani masyarakat dengan hati, sepenuh hati, setulus hati, jangan setengah hati apalagi sesuka hati, namun tetap dengan kehati-hatian sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku”, tegas Martin Rantan.

Lebih lanjut dikatakan Martin Rantan, meskipun masih adanya berbagai macam keterbatasan, namun prinsip kerja keras, kerja ikhlas, kerja cerdas, kerja tuntas dan kerja berkualitas, benar-benar harus dijadikan dasar dalam memberikan pelayanan serta memuaskan harapan masyarakat.

Kemudian dikatakan Martin Rantan, sebagaimana kita ketahui dan pahami bersama, bahwa keberadaan fasilitas fisik adalah sebagai sarana penunjang yang penting dalam pemberian pelayanan publik, karena kita menyakini, bahwa sarana fisik yang baik membuat kita merasa nyaman untuk beraktifitas. Begitupun dengan keberadaan kantor desa ini yang merupakan sarana bagi masyarakat dalam memperoleh pelayanan.

“Dengan semakin besarnya tuntutan terhadap kemandirian desa, tentunya desa harus menggunakan sumber daya manusia aparatur yang berkualitas dan handal, memiliki integritas yang tinggi serta pendidikan dan keterampilan yang memadai sesuai dengan perkembangan zaman, sehingga penyelenggaraan pemerintahan desa menjadi semakin baik”, ujar Bupati Martin.

Ditegaskan Martin Rantan, bahwa saat ini desa sudah harus mulai mengubah mindset atau pola pikir dari konsumtif menjadi produktif. Desa harus lebih berorientasi pada bisnis dengan memaksimalkan kegiatan usaha desa yang dikelola Badan Usaha Milik Desa (BUMDES). Adapun jenis usaha yang dikelola dan dikembangkan adalah dari produk unggulan desa itu sendiri dan memiliki nilai jual yang tinggi mampu bersaing di pasaran.

“Pada kesempatan ini juga saya mengucapkan terima kasih dan penghargaan kepada Kepala Desa Sungai Awan Kiri Bapak Rosli atas jasa-jasa dan pengabdiannya selama 6 (enam) tahun kepemimpinan beliau yang akan berakhir bulan Agustus 2019 ini dan ucapan terima kasih kepada Ketua BPD Sungai Awan Kiri Bapak Abram SH., MH, yang selalu mendukung dan menjadi mitra yang baik dengan pemerintah desa untuk kemajuan Desa Sungai Awan Kiri”, harap Bupati.

Kedepan Bupati Martin juga berharap terjadi kerja sama yang lebih baik lagi antara Pemerintah Desa dengan BPD untuk kesejahteraan masyarakat khususnya Desa Sungai Awan Kiri sehingga selaras dengan visi misi Bupati dan Wakil Bupati Ketapang, yakni Ketapang Maju Menuju Masyarakat Sejahtera dan visi kelima Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintah Desa.

“Demikianlah beberapa hal yang dapat saya kemukakan pada kesempatan ini. Harapan saya semoga dengan tersedianya kantor desa yang baru ini dapat memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi Desa Sungai Awan Kiri”, pungkas Bupati Martin Rantan.***(PK/K65News).

Gambar  : Dokumen Humas Sekda Ketapang untuk kabar65news.com

Penulis   : Darnain

Editor     : Fahrozi

________________

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS MENDAPAT IZIN TERTULIS DARI REDAKSI, HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *