Kabar65News

Menembus Peradaban

Lewat Mewarnai, Perkenalkan Kebudayaan Pada Anak Usia Dini

KETAPANG – Ceria dan antusias. Gambaran itulah yang terlihat dari raut wajah 185 anak Taman Kanak-Kanak yang mengikuti lomba mewarnai di Pendopo Bupati Ketapang, pada Sabtu (23/11/2019) kemarin. Walaupun lomba mewarnai dibuka pukul 08.00 WIB, namun mulai sekitar pukul 07.00 WIB sudah terlihat sejumlah anak didampingi orang tua maupun pendamping yang hadir. Tawa dan canda mereka mereka mengirigi indahnya pagi hari yang cerah.

Setelah semua anak TK yang ikut terkumpul . Mereka diarahkan untuk duduk dengan rapi lengkap dengan meja untuk mewarnai berikut alat mewarnai. Mengedukasi alam pikiran yang masih anak-anak, pada lomba mewarnai  yang dilaksanakan DPC GOPTKI Kabupaten Ketapang mengajak anak untuk mengenal budaya yang ada di Ketapang. Karena itu, lomba kali ini anak diajak mewarnai Kraton Matan Tanjungpura. Melalui gambar yang sudah disediakan, anak setidaknya diajak untuk melatih psikomotorik yang terkait dengan kognitif dan afektifnya dalam proses pembelajaran.Durasi mewarnai diberikan sekitar satu jam.

Sebelum lomba di mulai, Ketua DPC GOPTKI Kabupaten Ketapang, Hj.Ervani Farhan membuka kegiatan ini secara resmi.  Di depan dewan guru dan para orang tua yang mendampingi anak-anak TK, Hj, Ervani Farhan menyebutkan lomba yang dilaksanakan ini merupakan upaya  DPC GOPTKI Kabupaten Ketapang  membantu mengembangkan kreativitas anak-anak  serta ingin mendekatkan diri dengan anak –anak yang ada di Kabupaten Ketapang.

Selain itu, GOPTKI Ketapang ingin ikut serta memperkenalkan  kebudayaan yang kita miliki sejak dini kepada anak-anak. Dengan harapan dapat  menumbuhkan rasa kecintaan terhadap kebudayaan Ketapang pada anak – anak. “Dengan demikian apabila telah  tumbuh rasa cinta itu dan mereka akan marasa memiliki  pastinya akan mau ikut untuk menjaganya nanti,” tegas Hj.Ervani Farhan.

Ketua DPC GOPTKI Ketapang menyampaikan ucapan terima kasih atas dukungan Pemerintah Daerah Kabupaten Ketapang, dalam hal ini di Lingkungan Sekretariat daerah Bagian Kesra yang sudah mendukung dalam hal pendanaan  dan memberikan masukan – masukan yang pastinya sangat  berguna bagi GOPTKI. Ia berharap , Pemkab Ketapang dan GOPTKI terus  dapat bersinergi dalam  ikut menghadirkan kesejahteraan kepada masyarakat khususnya pada dunia pendidikan anak usia dini.

Setelah dibuka Hj.Ervani Farhan, yang diketahui juga adalah Istri Sekretaris Daerah Kabupaten Ketapang, lomba menggambar anak-anak TK  dimulai.  Anak-anak semangat menggoreskan warna pada kertas yang sudah disediakan. Waktu satu jam yang disediakan berlalu. Hasil karya mewarnai anak-anak dikumpulkan dan sortir dewan juri. Sambil menunggu juri memberikan penilaian, anak-anak diajak bergembira. Mereka bernyanyi dan diajak bergerak aktif. Waktu penilaian berakhir dan juara pun diumumkan terdiri dari juara pertama, juara kedua, juara ketiga juara harapan satu, juara harapan dua, dan juara harapan tiga. Peserta yang menjadi juara akhirnya senang. Trofhy dan sertifikat, berikut hadiah pun diserahkan langsung ketua DPC GOPTKI Ketapang.***(pk/k65news).

Editor : Adjie Saputra

_______________

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS MENDAPAT IZIN TERTULIS DARI REDAKSI, HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”

 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *