WARTAWAN KANTOR BERITA ONLINE KABAR65NEWS.COM DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK DILENGKAPI DENGAN KARTU PERS RESMI DAN NAMANYA TERDAFTAR DIBOX REDAKSI

Kabar65News

Menembus Peradaban

Sekda Farhan : Pemkab Ketapang Sangat Berkepentingan Dengan Adanya Pelaksanaan Sensus Penduduk Tahun 2020 Ini

KETAPANG – Sensus Penduduk adalah mandat dari undang undang serta rekomendasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), dan untuk tahun 2020 ini merupakan sensus penduduk ke-7 (tujuh) yang dilaksanakan di Indonesia, termasuk di Kabupaten Ketapang, Kalbar.

Tujuan utama sensus penduduk itu adalah merekam langsung data penduduk, menyediakan data penduduk de facto dan de jure ditahun 2020 agar tidak ada perbedaan data antara BPS (Badan Pusat Statistik) dan Ditjen Dukcapil (Direktorat Jenderal Kependudukan dan Catatan Sipil) serta menyediakan parameter demografi dan proyeksi penduduk pada 2021 mendatang.

Badan Pusat Statistik selaku lembaga negara yang resmi sebagai pelaksana sensus penduduk 2020 itu memberikan kesempatan kepada penduduk Indonesia untuk berpartisipasi melakukan pendataan mandiri, tanpa proses wawancara langsung dengan petugas, melalui moda Computer Aided Web Interviewing (CAWI) yang mulai dilaksanakan sejak 15 Februari 2020 hingga 31 Maret 2020.

Berkenaan dengan sensus penduduk tahun 2020 ini, Bupati Ketapang melalui Sekda H. Farhan,SE,M.Si, menyatakan, bahwa pelaksanaan sensus tersebut perlu mendapat dukungan dari semua pihak dan seluruh masyarakat Kabupaten Ketapang.

“Pemerintah Kabupaten Ketapang beserta jajaran telah memberikan dukungan untuk pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020, karena ini menjadi suatu kegiatan mendasar, dan kita Pemkab Ketapang dalam rangka mempersiapkan untuk perencanaan pembangunan di wilayah Kabupaten Ketapang sangat berkepentingan dengan adanya pelaksanaan sensus penduduk tahun 2020 ini sehingga kita semua mendapatkan data yang valid”, papar Sekda Farhan usai membuka Rapat Koordinasi Sensus Penduduk Kabupaten Ketapang Tahun 2020 yang dilaksanakan oleh BPS Kabupaten Ketapang di Ruang Rapat Kantor Bupati, Rabu (19/02/2020) kemarin.

Ditegaskan Farhan, bahwa Pemkab Ketapang memberikan dukungan penuh dalam pelaksanaan kegiatan sensus penduduk yang mengusung tema “menuju satu data kependudukan Indonesia” itu, dan pihaknya tetap berkomitmen bagaimana mengembangkan data data yang didapat melalui sensus penduduk tahun 2020 ini.***(r/k65news).

Penulis  : Dian

Editor    : Adjie Saputra

_______________

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS MENDAPAT IZIN TERTULIS DARI REDAKSI, HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *