WARTAWAN KANTOR BERITA ONLINE KABAR65NEWS.COM DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK DILENGKAPI DENGAN KARTU PERS RESMI DAN NAMANYA TERDAFTAR DIBOX REDAKSI

Kabar65News

Menembus Peradaban

Hasil Rapid Test Covid-19 di Ketapang, 36 Orang Dinyatakan Reaktif

KETAPANG – Upaya Pemerintah Kabupaten Ketapang, Kalbar, untuk memutus mata rantai penyebaran virus corona yang sangat mematikan itu terus menerus dilakukan salah satunya adalah hingga Rabu (27/05/2020) kemarin Tim Gugus Tugas Covid-19 Kabupaten Ketapang telah melakukan rapid test terhadap 3.091 orang yang ada di daerah itu.

Hal tersebut disampaikan Bupati Ketapang Martin Rantan,SH,M.Sos, melalui Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19, H.Rustami,S.KM,M.Kes, dalam Keterangan Persnya, Kamis (28/05/2020) kepada Wartawan di Ketapang.

Disampaikan Rustami, bahwa saat ini terjadi penambahan 4 kasus rapid test reaktif, diantaranya 3 orang warga Kecamatan Delta Pawan dan 1 orang warga Kecamatan Benua Kayong.

Dengan demikian, papar Rustami, sampai Kamis (28/05/2020), ada 36 orang rapid test reaktif yang tersebar di 6 kecamatan yang ada di daerah tersebut, antara lain 24 orang di Kecamatan Delta Pawan, 5 orang di Benua Kayong, 1 orang di Air Upas, 2 orang di Kendawangan dan 4 orang di Kecamatan Matan Hilir Selatan.

Berkenaan dengan hal itu, H.Rustami mengharapkan kepada seluruh masyarakat Kabupaten Ketapang untuk menyadari secara pribadi, bahwa siapa saja yang pernah kontak langsung dengan pasien ODP (orang dalam pantauan), PDP (pasien dalam pengawasan), dan orang yang rapid test nya reaktif maupun pasien dengan positif covid-19 agar segera melakukan isolasi mandiri dan melaporkan diri ke Puskesmas terdekat.

Selain itu tidak henti hentinya pihaknya juga mengingatkan agar selalu melakukan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran virus covid-19, mencuci tangan dengan sabun dan air mengalir selama minimal 20 detik, menutup mulut dan hidung dengan masker, membersihkan tangan dengan cairan hansanitizer berbasis alkohol, segera berkonsultasi dengan dokter atau petugas kesehatan ketika timbul gejala sakit.

Selanjutnya, kata Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Ketapang ini, bahwa untuk saat ini sangat perlu ditanamkan kesadaran dan ketaatan dari seluruh masyarakat Kabupaten Ketapang dalam memutus mata rantai penyebaran virus covid-19.

Disamping itu, Rustami minta, agar kesadaran untuk melindungi diri sendiri maupun keluarga dari penyebaran virus covid-19 dengan menghindari kerumunan dan tidak dulu berkumpul atau bepergian jika memang tidak dalam keadaan mendesak, membiasakan diri untuk lebih taat dengan aturan dan himbauan Pemerintah dengan selalu memakai masker bagi yang sakit maupun yang sehat, selalu mencuci tangan dengan sabun di air mengalir, jaga jarak dalam berkomunikasi, yang paling terpenting jaga kesehatan dengan makan-makanan yang sehat.***(r/k65news).

Editor   : Adjie Saputra 

_______________

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS MENDAPAT IZIN TERTULIS DARI REDAKSI, HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *