Kabar65News

Menembus Peradaban

Pedagang Antar Pulau Masih Gunakan Pelabuhan Teluk Batang, Ini Alasannya

TELUK BATANG – Pelabuhan Teluk Batang yang terletak di Kabupaten Kayong Utara, Kalbar, masih menjadi daya tarik bagi pedagang antar pulau di bagian selatan provinsi itu.

Barang barang dari Pontianak, yang dipasok untuk kabupaten Ketapang, Kalbar, masih menggunakan pelabuhan ini. Terutama kapal kapal kecil, kapal klotok termasuk speed loang boat yang melayari Sukadana – Pontianak.

Budi (46) salah seorang pedagang asal Pontianak beberapa waktu lalu kepada media ini mengaku masih menggunakan jasa pelabuhan itu untuk mengangkut barang ke Pontianak, Kayong Utara maupun ke Kabupaten Ketapang.

Meskipun masih ada ekspedisi yang langsung membawa barang dari Pontianak ke Ketapang melalui jalan darat. Atau dari Pontianak melalui kapal feri melalui rute Teluk Batang. Kadang kadang mereka lebih efisien menggunakan jasa cargo lewat Teluk Batang.

Pendapat senada juga disampaikan Talip (47) dari kecamatan Rasau Jaya, Kabupaten Pontianak, bahwa apalagi komoditi dari hasil laut seperti ikan, hasil pertanian seperti kopi dari Batu Ampar, gula merah dari Arus Deras, lebih efisen menggunakan pelabuhan ini.

Letak yang strategis menjadi alasan masih aktifnya pedagang menggunakan pelabuhan tersebut. Apalagi pelabuhan Teluk Batang merupakan salah satu pelabuhan perikanan di kawasan di bagian selatan Kalbar.***(Yudo Sudarto/K65News).

Gambar : Salah satu sudut Pelabuhan Teluk Batang, Kabupaten Kayong Utara.***(Ist).

_______

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS SEIZIN REDAKSI. HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”

_____

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *