WARTAWAN KANTOR BERITA ONLINE KABAR65NEWS.COM DALAM MELAKSANAKAN TUGAS JURNALISTIK DILENGKAPI DENGAN KARTU PERS RESMI DAN NAMANYA TERDAFTAR DIBOX REDAKSI

Kabar65News

Menembus Peradaban

Kapolda Tinjau Pengamanan Rapat Pleno Rekapitulasi Perolehan Suara Pemilu Serentak di KPU Kalbar

PONTIANAK – Ada 14 Kabupaten/Kota di Provinsi Kalimantan Barat, yang menyelenggarakan Pemilihan Umum Serentak pada tanggal 17 April 2019 lalu, berjalan aman dan lancar.

Kapolda Kalbar Inspektur Jenderal Polisi Drs.Didi Haryono, SH.,MH, memastikan hal itu, seusai Rapat Pleno Terbuka rekapitulasi hasil perhitungan perolehan suara di tingkat Provinsi Kalbar yang dipimpin langsung Ketua KPU Provinsi Kalbar, Ramdan, S.Pd.I M.Pd, di Ballroom Meranti Mercure Hotel, Jalan Jenderal Ahmad Yani No.91 Kelurahan Bangka Belitung Bansir Laut, Kecamatan Pontianak Tenggara, Kota Pontianak, Selasa (07/05/2019).

Dalam kesemoatan itu Kapolda Didi Haryono menegaskan, bahwa sinergitias Polri, TNI dan stakeholder di Kalimantan Barat ini bahu membahu menjaga keamanan dan ketenteraman selama proses pelaksanaan Pemilu Serentak tersebut.

“Ini yang perlu kita kuatkan kedepan. Bahwa, kebersamaan ini bukan hanya sekadar pas moment saja, tapi harus terus menerus dilakukan. Contoh pas Pemilu Serentak 2019 ini berjalan aman,” kata Didi Haryono.

Selanjutnya Kapolda juga mengingatkan, bahwa rasa aman, nyaman merupakan kebutuhan dasar manusia, maka perlu terus menurus dipupuk semua lapisan. Mengingat, derasnya informasi saat ini perlu bijak.

“Nah, hal penting lagi jangan mudah terprovokasi info yang belum jelas. Percayakan kepada kami,” ujar Didi Haryono.

Sementara itu Ketua KPU Kalbar, Ramdan, menjelaskan, penyelenggaraan pemungutan suara lanjutan yang dilaksanakan di 18 KPPS Kalbar yang tersebar di 8 Kabupaten/Kota yang dilaksanakan pada 25 April 2019 sebagaimana tahapan peraturan KPU nomor 10 tahun 2019 dilaksanakan oleh KPU Kabupaten/Kota yang sudah dilaksanakan sesuai dengan tahapan yaitu sampai tanggal 07 April 2019 hari ini.

“Maka di antaranya yang sudah melaksanakan dan terpisah tinggal Kubu Raya. Kabupaten/Kota yang lain masih dalam proses penandatanganan di kabupaten tinggal yang masih menyisakan 88 TPS, kami mohon do’a dan dukungan kita semua semoga pelaksanaan rekapitulasi di Kecamatan Sungai Raya berjalan aman dan lancar,” kata Ramdan.

Dijelaskan Ramdan lebih lanjut, sesuai dengan peraturan KPU nomor 10 tersebut, tahapan berikutnya adalah rekapitulasi di tingkat KPU Provinsi yang berdasarkan jadwal dimulai tanggal 22 April sampai tanggal 12 Mei 2019.

“Kami menempatkan di tanggal 07 pada hari ini, mudah-mudahan dilaksanakan dengan mendahulukan Kabupaten/Kota yang sudah melaksanakan rapat pleno sebelumnya sehingga sambil kita akan melaksanakan rapat pleno pada hari ini, maka Insya Allah sambil berjalan kita akan menunggu,”papar Ramdan.

Selanjutnya Ramdan berharap, semoga pelaksanaan rapat pleno rekapitulasi pada hari ini yang direncanakan Insya Allah bisa diselesaikan sampai tanggal 11 Mei 2019, kalaupun memang tidak ada kendala bisa lebih cepat kembali maka kemudian KPU akan menyampaikan hasil rapat pleno ini di tingkat nasional.

“Itu sesuai dengan tahapan yaitu paling lama tanggal 22 Mei sekaligus akan diumumkan secara nasional, sebagai pengantar pembuka untuk pelaksanaan rapat pleno kita pada hari ini, bahwa dalam proses penyelenggaraan dari mulai persiapan hingga termasuk rekapitulasi berjalan di tingkat kecamatan, kemudian proses perhitungan TPS yang kemudian memang memerlukan waktu yang agak sedikit panjang,” kata Ramdan.

Selain itu Ramdan berkata, bahwa para pejuang-pejuang demokrasi, petugas petugas KPPS di Kabupaten Landak juga sudah mendahului kita diwafatkan oleh Allah SWT, 2 petugas KPPS.

“Kami berterima kasih kepada Kapolda Kalbar yang ikut berpartisipasi terhadap petugas kami, kemudian Kapolres Kabupaten Landak”, ucap Ketua KPU Ramdan seraya mengakui, bahwa di Kalbar hingga saat ini, ada sebanyak 21 petugas yang sedang sakit, oleh karena Ramdan berharap semoga kita selalu dalam lindungan Allah, diberi kesehatan dalam menjalankan ibadah puasa di bulan Ramadan ini,” tutup Ramdan.

Kegiatan tersebut dihadiri kurang lebih 150 orang dan berlangsung selama 3 hari, terhitung mulai tanggal 07 hingga 11 Mei 2019. Dengan jadwal rekap daftar daftar pemilih setiap Kabupaten/Kota yang akan dibacakan pada saat penutupan sidang terakhir rapat pleno tanggal 11 Mei 2019.***(SP/K65News).

Gambar : Dokumen Humas Polda Kalbar untuk kabar65news.com

Penulis  : Cucu

Editor    : Fahrozi

_____________________

“MENGUTIP SEBAGIAN ATAU SELURUH ISI PORTAL INI HARUS MENDAPAT IZIN TERTULIS DARI REDAKSI, HAK CIPTA DILINDUNGI UNDANG-UNDANG”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *